Burj Khalifa Dubai

Published by alindra haqeem on

Burj Khalifa Dubai – Bangunan atau obyek wisata ini juga termasuk di dalam daftar tempat wisata paling mengagumkan di Dubai. Dibangun oleh seorang arsitek jenius nan luar biasa, kini bangunan menara ini menjadi yang paling tinggi di dunia. Menariknya lagi adalah bahwa menara ini dibangun di tengah padang pasir yang tentunya sangat tidak mudah sebab adanya angin bisa menghambat proses konstruksi.

Spot paling tepat dan paling diincar oleh para wisatawan adalah bagian puncaknya di mana dari tempat itulah orang-orang bisa menikmati pemandangan luar biasa akan kota Dubai. Untuk menuju puncaknya, wisatawan bisa memulainya dari lantai bawah yang kita kenal dengan Dubai Mall, dan dalam perjalanannya, akan ada presentasi lewat multimedia yang bisa disaksikan dan dinikmati oleh pengunjung tentang Dubai dan sejarahnya, dan tidak lupa tentang Burj Khalifa sendiri.Gedung tersebut telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan ditasbihkan sebagai gedung tertinggi di dunia.

Fakta Burj Khalifa

Di balik megahnya bangunan tersebut, terdapat fakta-fakta menarik mengenai Burj Khalifa seperti berikut ini.

1. Tinggi Burj Khalifa

Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter atau sekita 2.716,4 kaki. Dapat dikatakan tingginya sekitar tiga kali dari Menara Eiffel, Prancis. Bangunan tinggi Dubai ini juga hampir dua kali lebih tinggi dari Empire State Building, Amerika Serikat. Burj Khalifa juga menjadi bangunan yang dapat menembus awan sehingga membuat banyak orang kagum.

2. Memegang 6 rekor dunia
Rupanya, selain memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga memegang enam rekor lainnya. Enam rekor tersebut di antaranya :

  • Bangunan yang berdiri bebas tertinggi di dunia
  • Gedung dengan jumlah lantai tertinggi di dunia
  • Gedung yang memiliki lantai terisi di dunia
  • Gedung yang memiliki observasi luar ruangan tertinggi dunia
  • Gedung dengan jarak tempuh lift terpanjang di dunia
  • Gedung dengan layanan lift teringgi di dunia.
Baca Juga  Paket Wisata Tour Dubai 2021

3. Berat beton Burj Khalifa
Dikatakan berat beton untuk membangun gedung Burj Khalifa setara dengan 100.000 gajah. Sementara, total aluminium yang digunakan untuk membangun Burj Khalifa setara dengan lima pesawat A380.

4. Penggunaan sumber daya
Hebatnya, Burj Khalifa sangat baik dalam menggunakan sumber daya energi. Setiap tahun 15 juta galon air dikumpulkan untuk menyirami tanaman dan sistem pendingin serta digunakan untuk memasok Air Mancur Dubai.

5. Lift Burj Khalifa
Burj Khalifa memiliki lift tunggal setinggi 140 lantai. Kecepatan lift Burj Khalifa yaitu 10 meter per detik. Hal itu menjadikannya sebagai lif tercepat di dunia. Waktu yang ditempuh untuk mencapai ruangan obserbasi di lantai 124 hanya sekitar satu menit.

6. Dapat dilihat dari jauh
Salah satu fakta menarik dari bangunan ini adalah Burj Khalifa bisa dilihat dari jauh. Bangunan ini di bagian puncak dapat memantulkan cahaya sehingga siapapun dapat melihatnya dari jarak yang jauh, bahkan hingga 95 kilometer.

7. Banyak pekerja dan waktu pembuatan
Berdasarkan informasi, bangunan tinggi ini pada puncak konstruksi terdapat sekitar 12.000 pekerja yang bekerja di gedung tersebut setiap harinya. selain itu, proses pembuatan Burj Khalifa membutuhkan waktu sekitar enam tahun. Burj Khalifa mulai dibangun pada Januari 2004. Bangunan tinggi ini selesai dan resmi dibuka pada Januari 2010.

8. Menyerupai Bunga Hymenocalis
Fakta menarik lainnya dari Burj Khalifa dirancang menyerupai bunga Hymenocallis. Hal ini dapat terlihat dari inti pusat muncul di bagian atas dan berpuncak pada puncak menara yang terpahat

Categories: Blog