Pasang Iklan Koran Kompas

Published by alindra haqeem on

Pasang Iklan Koran Kompas – Ide pertama terbitnya Harian KOMPAS datang dari Menteri/Panglima TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Ahmad Yani. Beliau mengusulkan kepada Frans Seda-Ketua Partai Katolik-agar partainya memilki sebuah media untuk menghadang dominasi pemberitaan pers komunis. Petrus Kanisius (PK) Ojong dan Jakob Oetama menggodok terbitnya sebuah surat kabar harian. Frans Seda akan menamai koran itu Bentara Rakyat. Namun, Bung Karno menanyakan, “Mengapa koranmu tak dinamakan KOMPAS, atrinya penunjuk arah?” KOMPAS terbit pertama kali empat halaman tanggal 28 Juni 1965 dengan oplah 4.800 eksemplar. Pada beberapa bulan pertama, KOMPAS sampai di tangan pembaca siang hari. Bahkan, di beberapa kota edisi hari ini diterima pembaca keesokan harinya. Banyak pembaca yang menyebutnya kompas morgen, datang esok hari. Tanggal 2 Oktober 1965, Papelrada Jakarta Raya mengeluarkan larangan terbit (pembreidelan) untuk semua harian, termasuk KOMPAS. Empat hari kemudian KOMPAS diperbolehkan terbit. Tanggal 21 Januari 1978, KOMPAS dibreidel kembali bersama enam surat kabar lainnya karena dinilai meliput secara intensif gerakan mahasiswa 1977-1978. KOMPAS terbit kembali pada 6 Februari 1978. Melihat tingkat sebaran KOMPAS yang mencapai seluruh penjuru Nusantara dan ingin hadir setiap pagi ditangan pembacanya, maka sejak 1 September 1997, KOMPAS memulai sitem cetak jarak jauh di Bawean Jawa Tengah.

Selama lebih dari 30 tahun, KOMPAS telah menjadi pedoman penentu arah bagi masyarakat pembacanya untuk menempuh kehidupan yang majemuk serta berperan mengemban amanat rakyat untuk mendengarkan nurani mereka. Semboyan “Amanat Hati Nurani Rakyat” yang menempel di bawah logo KOMPAS merupakan gambaran visi dan misi KOMPAS dalam menyuarakan aspirasi rakyat. KOMPAS bertekad mengembangkan institusi pers dengan meletakkan asas keterbukaan dan melepaskan sekat-sekat golongan, ras, agama ataupun kelompok sosial. Kini KOMPAS telah tumbuh menjadi sebuah media yang merupakan rujukan informasi tentang Indonesia dan dunia baik di dalam maupun luar negeri. KOMPAS telah menjadi kata hati juga mata hati bagi masyarakat pembacanya. Aktualitas merupakan unsur sebuah berita, tapi kepercayaan dan kredibilitas adalah yang utama. Karenanya, KOMPAS selalu melihat jauh ke depan dan memantapkan komitmen pengabdian untuk setiap generasi bangsa.

Baca Juga  Tarif Iklan Repubilka 2021

Wajah KOMPAS hari ini adalah hasil dari perubahan tata wajah KOMPAS secara besar-besaran pada tanggal 28 Juni 2005. Logo KOMPAS tampil dengan warna biru, jumlah kolom dikurangi dari sembilan menjadi tujuh. Untuk memandu pembaca, di setiap halaman muka sebelah kiri ditampilkan navigasi.

Iklan Karier Terletak di Halaman Klasika dan terbit

Keseluruh Indonesia ( Nusantara )

A.Full Colour

Kategori iklan : Klasika Karier FC min ¼ Halaman

Ukuran : 4 kolom (142,5mm) x 205 mm

Harga Gross : Rp.105.000 –> Rp.86.100.000
Discount : 20% —> Rp. 68.880.000

Agency Fee : 5% –> Rp. 4.305.000

(Agency Fee diambil dari harga gross)

Total : Rp. 73.185.000

Ppn 10% : Rp. 7.318.500

Grand Total : Rp. 80.503.500

B.Black & White

Kategori iklan : Klasika Karier BW min 1kolomx50mm

Ukuran : 1 kolom (3,3mm) x 50 mm

Harga Gross : Rp.68.500 –> Rp.3.425.000

Discount : 20% —> Rp. 3.082.500

Agency Fee : 10% —> Rp. 342.500

(Agency Fee diambil dari harga gross)

Total : Rp. 3.082.500

Ppn 10% : Rp. 308.250

Grand Total : Rp. 3.390.750

Keuntungan Beriklan di KOMPAS

Tanpa KOMPAS serasa belum pas ternyata bukanlah slogan semata. Lihat saja setiap hari jutaan pecintanya selalu setia menantikan kehadiran harian ini. Sejak terbit pertama tahun 1965, KOMPAS senantiasa menyampaikan beragam informasi penting yang patut diketahui oleh pembacanya. Bagi pengiklan memang terasa sulit mencari pengganti media komunikasi yang pas, efektif dan efisien, seperti halnya harian terkemuka di tanah air ini.

Satu hal yang paling penting bagi pengiklan adalah respon yang diperoleh dari pemuatan iklan. Apalagi bagi pemasang iklan yang mengharapkan dampak langsung dari sebuah iklan seperti iklan lowongan kerja, penyelenggaraan acara, promo konsumen, atau iklan sejenis lainnya. Sekali lagi ternyata beriklan di KOMPAS membuat pengiklan jadi lebih puas.

Baca Juga  Tarif Iklan Kompas Klasika 2021

Sebagai koran nasional, KOMPAS kini menyajikan halaman khusus daerah yang berisi informasi terkini tentang beragam peristiwa penting yang terjadi di daerah. Liputan khusus daerah ini hanya beredar di sekitar daerah yang bersangkutan. Konsep liputan daerah ini terlaksana pada edisi Jawa Tengah, edisi Yogyakarta, edisi Jawa Timur, edisi Jawa Barat dan akan terus dikembangkan ke wilayah lainnya di seluruh tanah air. Selain itu, sebagai bacaan seluruh anggota keluarga maka KOMPAS juga menyempurnakan konsep redaksionalnya dengan membuat halaman khusus.

Mencari iklan terklasifikasi kini juga lebih mudah dengan hadirnya lembar iklan Klasika. Di Klasika, iklan-iklan dikelompokkan menurut kategori serta dilengkapi indeks dan artikel tip yang memberi nilai tambah kepada pembaca.

DATA MEDIA

Bahasa: Indonesia

Periode Terbit: Harian (pagi)

Sirkulasi: Nasional

TECHNICAL DATA

Printing Methods Off set

Material Required

Black and White ads:

Final artwork positive/negative film

Full/Spot Color ads:

Color separation films and 5 sets

printing proof with color guide

CMYK, color bar and register mark.

Categories: iklan koran